Comments

Tuesday, September 3, 2013

5 Olahraga terbaik saat sakit demam

Posted by at 5:35 AM Read our previous post


Ketika sedang demam, tidak ada salahnya untuk tetap melakukan aktivitas fisik demi mempercepat proses penyembuhan. Salah satu olahraga terbaik tersebut adalah berjalan kaki.

Meskipun demikian, jangan memaksakan diri jika memang benar-benar tidak kuat. Berikut ini, Huffington Post pun membagikan beberapa olahraga yang sebaiknya dilakukan ketika sakit demam dan cara agar tubuh tidak semakin drop ketika menjalaninya. Simak selengkapnya.


1. Berjalan kaki

Ketika demam, energi tubuh memang biasanya menurun. Namun Anda pasti masih kuat jika hanya berjalan kaki selama 20 menit saja. Meskipun sebentar, olahraga ringan tersebut membawa dampak luar biasa bagi tubuh, salah satunya meredakan demam.

"Demam biasanya identik dengan kondisi hidung tersumbat. Dengan jalan kaki, kita akan dipaksa untuk menarik napas dalam dan membersihkan saluran pernapasan," terang Richard Besser, editor kesehatan dari ABC News.

Selain itu, jangan khawatir jika tubuh akan menjadi semakin lemas ketika berolahraga. Pasalnya penelitian justru membuktikan kalau olahraga justru menjauhkan Anda dari penyakit.

2. Joging

Jika selama ini Anda terbiasa joging, jangan berhenti melakukannya hanya karena terserang demam.
"Pasien saya malah mengaku kondisinya lebih baik ketika berlari di saat sakit," tutur Andrea Hulse, praktisi berlari dari Silver Spring, Maryland.

Sayangnya, joging sebaiknya dihindari jika saat melakukan dalam kondisi sakit, Anda malah merasa mual dan muntah.

3. Yoga

Ketika melakukan yoga, tubuh akan mengeluarkan hormon cortisol yang menyebabkan stres sekaligus memerangi virus penyebab demam. Sebab yoga juga meningkatkan sistem imun yang menyehatkan tubuh.
Beberapa gerakan yoga yang mudah tidak akan membuat tubuh kehabisan energi ketika dilakukan selama demam. Selain itu, jangan lupa menggumam ketika beryoga karena kebiasaan tersebut mampu membuka saluran pernapasan dari lendir yang menyumbat.


4. Menari

Tidak perlu ikut kelas menari jika ingin bersenang-senang sekaligus menyehatkan tubuh. Anda cukup memutar musik kesukaan dan menggoyangkan badan. Bahkan olahraga yang satu ini juga sangat baik dilakukan di saat demam.

Menurut sebuah penelitian, hanya mendengarkan musik dansa selama 50 menit, kadar hormon cortisol penyebab stres pada diri seseorang akan menurun. Sementara antibodi pelawan demam akan meningkat dan memperkuat sistem imun.


5. Berenang

Berenang sebenarnya termasuk olahraga yang terbaik sekaligus terburuk bagi sebagian orang. Dikatakan terbaik karena olahraga ini mampu mengatasi penyumbatan pada saluran pernapasan bagi orang yang terbiasa berenang.

Sebaliknya, orang-orang yang alergi terhadap kaporit dalam air kolam renang justru akan mengalami kondisi yang memburuk akibat berenang. Semuanya kembali pada diri masing-masing.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template