Comments

Tuesday, September 3, 2013

7 Tokoh terkenal ini ternyata penyandang autis

Posted by at 6:08 AM Read our previous post


Anda tentu sudah tak asing dengan istilah autisme. Autisme adalah kelainan perkembangan sistem saraf yang membuat seseorang sulit bersosialisasi dengan orang lain. Autisme biasanya terjadi sejak anak dilahirkan atau ketika mereka masih balita. Anak yang memiliki autisme biasanya sulit berkomunikasi atau mengenali perasaan serta emosi orang lain.

Autisme memiliki beberapa spektrum, mulai dari ringan hingga berat. Anak-anak atau orang yang memiliki autisme, seringkali memiliki karakter tertentu, seperti sulit berkomunikasi, menghindari orang lain dan percakapan, suka menulis surat, tak peduli pada orang lain, dan lainnya. Selama ini autisme seringkali memiliki cap negatif, sehingga anak yang memiliki autisme tak jarang dipandang sebelah mata. Padahal faktanya, banyak tokoh populer, bahkan jenius yang diketahui memiliki autisme.

Berikut adalah beberapa tokoh dunia jenius, berbakat, yang memiliki karakter autisme, seperti dilansir oleh OMG Toplist


1. Wolfgang Amadeus Mozart

 

Siapa yang tak kenal Mozart? Kejeniusannya dalam bidang musik telah mendunia dan membuat namanya melegenda. Mozart diketahui memiliki autisme, karena dia seringkali kesulitan berkomunikasi serta bersosialisasi dengan orang lain. Mozart memiliki pendengaran yang sensitif sehingga suara keras dan ramai seringkali mengganggunya, serta membuatnya sakit secara fisik. Mozart juga memiliki kebiasaan aneh yaitu menggerak-gerakkan tangan dan kakinya, serta membuat ekspresi wajah yang aneh ketika dalam suasana sosial. Meski begitu, komposer legendaris ini membuktikan bahwa bakat dan kemampuannya tak bisa dihalangi oleh autisme.


2. Isaac Newton

 

Sir Isaac Newton adalah seorang ahli fisika yang dikenal karena kehebatan dan kejeniusannya. Newton juga diketahui tak pandai bersosialisasi. Dia tak tahu bagaimana cara bersosialisasi dengan orang lain dan tak tertarik untuk melakukannya. Newton bahkan seringkali lupa makan karena terlalu fokus pada pekerjaannya. Uniknya, dulu Mozart juga sama sekali tak peduli dengan jadwal mengajar, sehingga dia akan datang ke kelas dan mulai mengajar, meski tak ada orang yang mendengarkan.

3. Charles Darwin

 

Charles Darwin, bapak teori evolusi, diketahui sebagai salah satu orang terkenal yang memiliki autisme. Saat kecil, Darwin dikenal sebagai anak yang mandiri dan penyendiri. Dia menghindari kontak dengan orang lain, dan lebih baik menulis surat daripada berbicara pada orang lain. Dia juga merupakan pemikir visual yang baik, salah satu tanda spesial yang biasa ada pada orang yang memiliki autisme.

4. Thomas Jefferson

 

Thomas Jefferson, presiden Amerika ke-3, adalah orang yang juga memiliki beberapa karakter dalam spektrum autis, seperti tidak suka berbicara dengan orang lain, suka menulis surat, serta sering mengganti model rumahnya. Selain itu, Jefferson juga memiliki kebiasaan eksentrik lain seperti memakai selop saat rapat, dengan burung Mockingbird di bahunya. Namun di balik itu, Jefferson adalah seorang jenius, yang pemikirannya bisa mengantarnya menduduki kursi kepresidenan dan menjadikannya Founding Father Amerika Serikat yang menulis Deklarasi Kemerdekaan


5. Michaelangelo

 

Michaelangelo adalah seorang seniman jenius yang berhasil melukis di kubah Sistine Chapel dan membuat Pieta. Michaelangelo juga diketahui memiliki beberapa ciri autistik, seperti tak mempedulikan orang lain, sibuk dengan diri sendiri, dan terlalu fokus pada apa yang dikerjakannya hingga lupa makan, minum, atau membersihkan diri. Michaelangelo juga diketahui tak memiliki hubungan dekat dengan siapapun. Bahkan seniman ini bisa jadi galak pada orang di sekitarnya. Meski diketahui memiliki autis, Michaelangelo tetap dikenang sebagai seorang seniman jenius dengan segala karya masterpiece buatannya.


6. Lewis Caroll

 

Apa Anda familiar dengan kisah Alice in Wonderland? Inilah pria yang telah membuat karya tersebut. Lewis Caroll juga diketahui memiliki beberapa karakter autis seperti sulit berkomunikasi dengan orang lain dan terkadang terlalu terjebak dalam dunia imajinasinya. Meski begitu, terbukti bahwa karya miliknya bisa sangat sukses, bahkan bertahan menjadi karya klasik yang melegenda hingga saat ini.


7. Nikola Tesla

 

Nikola Tesla adalah seorang penemu dan seorang mekanis. Kemampuannya dalam bidang listrik dan energi sangat luar biasa. Bahkan diketahui bahwa kejeniusannya melewati Thomas Edison, karena Edison disebut-sebut telah meminjam ide yang dimiliki oleh Tesla. Jenius yang satu ini juga diketahui memiliki beberapa karakter autis, seperti kesulitan berkomunikasi dengan orang lain serta terlalu fokus pada pekerjaan yang ada di hadapannya. Selain itu, Tesla juga diketahui memiliki kebiasaan nyentrik, yaitu tak ingin masuk ke ruangan jika nomor ruangan tersebut tak bisa dibagi dengan tiga.

Itulah beberapa orang jenius, penemu, seniman, serta komposer yang diketahui memiliki karakter autis. Jangan remehkan orang yang terlihat sulit berkomunikasi dengan orang lain, penyendiri, atau memiliki beberapa spektrum autis. Nyatanya, mereka juga berpotensi menjadi orang hebat.
.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template