Comments

Tuesday, September 3, 2013

Kenapa berat badan berubah-ubah ketika ditimbang?

Posted by at 5:22 AM Read our previous post


Jika Anda selalu menimbang berat badan setiap hari, angka di timbangan pasti berubah-ubah meski tidak berdiet. Kenapa bisa begitu? Ternyata ada beberapa hal yang memengaruhinya. Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari eHow berikut ini.

Asupan karbohidrat

Makan karbohidrat di malam hari membuat berat badan sedikit meningkat ketika Anda mengeceknya di atas timbangan keesokan paginya. Jangan panik! Pada dasarnya beberapa karbohidrat memang diubah menjadi glikogen - karbohidrat yang tersimpan dalam otot dan hati. Glikogen kemudian diubah menjadi energi yang bisa membuat Anda terus beraktivitas. Namun ketika penyimpanan glikogen sudah penuh, terkadang berat badan jadi sedikit meningkat ketika ditimbang.

Aktivitas fisik

Olahraga teratur memang mampu menjaga bentuk tubuh yang ideal. Namun jika setelah berolahraga berat badan jadi naik, jangan khawatir dulu. Olahraga membuat tubuh memproduksi otot yang menambah berat meski tidak banyak. Berat badan karena otot tidak akan membahayakan kesehatan seperti halnya lemak.

Perubahan hormon

Bagi wanita, perubahan hormon setiap bulan menjadi penyebab kenapa berat badan bisa berubah-ubah ketika ditimbang setiap hari. Sebab ketika mendekati siklus menstruasi, banyak air yang tersimpan dalam sistem dan akan kembali normal saat datang bulan berakhir.

Faktor lain

Beberapa faktor lain kenapa berat badan berubah-ubah ketika ditimbang adalah karena mungkin Anda belum dan sudah buang air besar. Selain itu, pakaian yang dikenakan - meski tidak signifikan - juga memberikan pengaruh terhadap berat badan saat ditimbang.

Timbangan berat badan digital memang akan memberikan nilai yang akurat saat Anda menimbang. Namun jangan khawatir akan hal itu karena beberapa faktor di atas sudah menjelaskan kenapa berat badan bisa berubah-ubah ketika ditimbang.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template