Comments

Tuesday, September 3, 2013

6 Kalimat yang tak seharusnya dikatakan atasan pada karyawan

Posted by at 5:31 AM Read our previous post


Kata-kata yang dikatakan seorang atasan pada bawahan memiliki nilai tertentu. Untuk itu, atasan harus berhati-hati tentang apa yang dikatakannya. Salah mengatakan sesuatu bisa menghancurkan motivasi dan percaya diri karyawan.

Berikut adalah beberapa hal yang sebaiknya tak dikatakan oleh atasan pada karyawan mereka, seperti dilansir oleh All Women Stalk.

1. "Kau sudah beruntung bisa bekerja"

Sebenarnya kata-kata ini bisa berarti "Kau harus bersyukur dengan pekerjaan yang kamu miliki, ketika pekerjaan menjadi sulit dicari dan banyak orang yang menganggur." Namun bos yang baik tak akan mengatakan hal ini. Kalimat ini tak akan memberikan apapun pada karyawan kecuali merendahkan mereka. Sebaiknya bos memberikan saran atau motivasi dengan kalimat lain.

2. "Pikirkan sendiri"

Mengatakan ini membuat atasan terlihat malas dan tak baik. Bahkan jika karyawan harus memikirkan caranya sendiri, namu setidaknya atasan memberikan beberapa petunjuk, misalkan: "Aku ingin kau mengerjakan ini sendiri, kau bisa menggunakan sumber X, Y, Z," atau lainnya.

3. "Aku tak punya waktu mengevaluasi pekerjaanmu, tapi kau baik"

Karyawan berhak tahu pekerjaan mereka baik atau tidak. Mereka juga berhak mengetahui apakah mereka perlu meningkatkan kualitas pekerjaan mereka atau tidak.

4. "Itu ide yang bodoh"

Mungkin karyawan tidak memberikan ide yang brilian. Namun bos yang baik seharusnya tahu bahwa tak akan ada ide baik yang muncul dari karyawan yang takut mengungkapkan idenya atau merasa diremehkan ketika mengatakan idenya saat rapat. Ide yang hebat muncul di lingkungan bekerja yang membuat karyawan merasa aman untuk mengungkapkan idenya, yang buruk maupun yang baik.

5. "Kau ini kenapa?"

Jangan memberikan umpan balik yang bersifat personal seperti mempertanyakan kepintaran atau personal karyawan. Jangan memberikan fee back yang berupa serangan personal, mengenai kecerdasan, atau nilai karyawan tersebut bagi perusahaan.

6. "Kau lebih baik dari Si X"

Kalimat ini mungkin dimaksudkan untuk memuji, namun bos yang baik tak seharusnya memuji karyawan dengan merendahkan karyawan lainnya. Karyawan perlu mempercayai atasan mereka. Jika atasan merendahkan karyawan lain di depan mereka, mungkin karyawan tak akan mempercayai atasan.

Itulah beberapa kalimat yang tak seharusnya dikatakan atasan pada karyawannya. Kalimat di atas mungkin memiliki maksud yang baik, namun seharusnya bisa diungkapkan dengan kalimat berbeda yang lebih baik pada karyawan.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template