Comments

Wednesday, September 11, 2013

8 Hal yang sering dianggap kotor, padahal tidak

Posted by at 6:47 AM Read our previous post


Bakteri dan kuman penyakit memang ada di mana-mana. Maka dari itu kita perlu menjaga kebersihan agar terhindar dari serangan berbagai penyakit. Salah satunya adalah dengan menghindari tempat-tempat yang kotor.

Meskipun demikian, ternyata ada beberapa hal yang sering dianggap kotor, padahal tidak. Contohnya adalah toilet. Simak berbagai hal lain yang sebenarnya tidak kotor selengkapnya seperti yang dilansir dari Good Housekeeping berikut ini.

Toilet

Ada banyak bakteri yang ditemukan dalam wastafel daripada toilet. Hal itu disebabkan banyak orang mengira toilet sangat kotor sehingga mereka lebih sering membersihkannya. Sementara tempat-tempat lain disepelekan dan tidak pernah dibersihkan.

Urine

Meskipun urine adalah salah satu 'sampah' yang keluar dari dalam tubuh, namun cairan ini sebenarnya steril. Sebab tinja jauh lebih kotor jika dibandingkan dengan urine. Maka dari itu setelah buang air besar, jangan pernah lupa untuk mencuci tangan.

Uang koin

Kuman penyakit suka dengan tempat yang lembut dan lembap. Sementara uang koin terbuat dari metal yang memiliki senyawa anti bakteri. Jadi uang koin sebenarnya tidak begitu kotor seperti anggapan banyak orang.

Perhiasan

Sama seperti uang koin, perhiasan yang umumnya terbuat dari seng, nikel, dan perak juga termasuk 'rumah' yang buruk bagi kuman penyakit. Jadi tidak perlu terlalu antipati dan menganggap perhiasan adalah benda yang begitu kotor.

Halaman rumah

Halaman rumah memang bisa terlihat sangat kotor, tetapi kotor tidak selalu berarti penuh kuman. Jadi jangan khawatir jika anak-anak bermain di halaman rumah. Hal yang perlu diwaspadai adalah jika ada kotoran hewan di halaman rumah. Sebab kotoran hewan mengandung parasit berbahaya yang menimbulkan penyakit.

Gagang pintu

Karena terbuat dari metal, kuman penyakit juga pada dasarnya tidak suka tinggal terlalu lama di gagang penyakit. Selain itu, gagang pintu di kamar mandi umum cenderung lebih kotor di bagian luar. Sebab kebanyakan orang sudah mencuci tangan setelah keluar dari kamar mandi.

Tempat sampah

Meski tampak kotor, rupanya bak kamar mandi jauh lebih berkuman ketimbang tempat sampah. Sebab ada banyak organisme yang tinggal di dalam tempat sampah namun sifatnya tidak berbahaya.

Ciuman anjing

Dicium anjing dengan air liur berlimpah mungkin terlihat menjijikkan. Tetapi ada hal yang lebih kotor, yaitu gigitan manusia. Sebab meski berkuman, sistem imun manusia jauh lebih kuat untuk melawan ketika mendapat ciuman dari anjing.

Itulah berbagai hal yang sering dianggap kotor oleh banyak orang, padahal sebenarnya tidak.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template