Comments

Saturday, September 7, 2013

10 Hantu mengerikan yang populer di Filipina

Posted by at 6:31 AM Read our previous post
Seperti halnya Indonesia, Filipina juga dikenal luas dengan urban legendnya yang beragam dan budaya mistis yang masih kental di masyarakat. Urban legend sendiri menjadi bagian dari budaya yang tak bisa dipisahkan dari masyarakat karena sebagian besar kisah itu mengandung unsur-unsur budaya setempat. Berikut adalah sepuluh urban legend paling populer di Filipina. Yuk simak bersama



1. Aswang

 

Aswang (atau Asuwang) adalah makhluk mitologi menyerupai vampir yang ada dalam cerita rakyat Filipina. Penjajah Spanyol mencatat bahwa Aswang adalah yang paling ditakuti di antara makhluk mitologi lainnya di Filipina, terutama di abad ke-16. Mitos tentang aswang telah menyebar di seluruh Filipina, kecuali di wilayah Ilocos, yang merupakan satu-satunya wilayah yang tidak memiliki mitos yang sama. Urban legend ini terutama populer di daerah seperti Capiz, Iloilo, Negros, Bohol, Masbate, Aklan, Antik dan Siquijor.
 

2. Matruculan 

 

Matruculan adalah salah satu dari makhluk mitologi dalam cerita rakyat Filipina, yang digambarkan suka menyerang ibu hamil. Konon Matruculan senang menghamili seorang gadis perawan, sebelum kembali untuk membunuh wanita itu dan memakan janinnya (meskipun beberapa cerita mengatakan bahwa baik ibu dan bayi, keduanya akan dimakan). Untuk melindungi ibu dan janinnya, seorang suami harus mengayunkan balisong atau pisau kupu-kupu, di atas perut wanita sementara dia dalam persalinan.

3. Kapre

 

Kapre adalah raksasa berbulu dengan mata bersinar dan digambarkan senang mengisap cerutu. Makhluk ini biasanya ditemukan duduk di atas pohon menunggu malam tiba untuk menakut-nakuti anak-anak nakal yang berada di luar rumah ketika larut malam. Kapre tidak mencuri janin, makan orang atau memotong manusia. Dia hanya ingin menakut-nakuti anak-anak dan kemudian menertawakan mereka yang takut padanya. Beberapa cerita mengklaim bahwa kapre tergolong makhluk yang ramah.

4. Duwende

 

Duwende adalah makhluk kecil yang dapat memberikan nasib baik atau nasib buruk kepada manusia. Di Filipina, duwende sering tinggal di rumah, di pohon-pohon, tanah, gundukan atau bukit, dan di daerah pedesaan. Mereka dikenal baik dan nakal, tergantung pada bagaimana pemilik rumah memperlakukan mereka. Mereka biasanya keluar pukul 12 siang selama satu jam dan pada malam hari.


5. Tiyanak

 

Tiyanak atau juga dikenal sebagai tianak, merupakan sosok vampir dalam mitologi Filipina. Makhluk penghisap darah ini memiliki wujud menyerupai bayi baru lahir atau anak kecil. Tiyanak akan menyamar menjadi bayi dan menangis untuk menarik perhatian manusia. Ketika seorang manusia mendekatinya, dia akan berubah ke wujud aslinya dan mengisap darah orang tersebut. Konon tiyanak juga senang menyerang wisatawan yang tersesat, atau menculik anak-anak.


6. Sigbin

 

Sigbin atau Sigben adalah makhluk dalam mitologi Filipina. Konon makhluk ini suka keluar di malam hari untuk mengisap darah korban. Sigbin digambarkan berjalan mundur dengan kepala di antara kedua kakinya, dan memiliki kemampuan untuk menyamar, terutama menjadi manusia. Sigbin menyerupai seekor kambing tanpa tanduk, tetapi memiliki telinga yang sangat besar yang dapat bertepuk seperti sepasang tangan dan ekor fleksibel yang dapat digunakan sebagai cambuk. Sigbin konon juga memancarkan bau busuk yang menyengat.


7. Tikbalang

 

Tikbalang (juga ditulis Tigbalang, Tigbalan, atau Tikbalan) adalah makhluk mitologi dalam cerita rakyat Filipina. Konon makhluk ini senang tinggal di pegunungan dan hutan di Filipina. Tikbalang digambarkan memiliki tubuh tinggi dan kekar seperti manusia dengan tungkai panjang. Ia memiliki kepala dan kaki binatang, terutama tubuh kuda. Tikbalang kadang-kadang diyakini sebagai transformasi dari janin yang digugurkan.


8. Kumakatok

 

Kumakatok (pemukul pintu) adalah tiga sosok berjubah yang diyakini oleh banyak orang di Filipina, senang mengetuk pintu di tengah malam dan membawa pertanda buruk. Konon mereka memiliki rupa seperti manusia namun selalu memakai kerudung, sehingga mengaburkan wajah mereka. Salah satu terlihat menyerupai seorang wanita muda, sementara dua lainnya tampak seperti orang tua. Kunjungan Kumakatok biasanya diidentikkan dengan kabar kematian.


9. Kaperosa atau White Lady

 

White Lady atau Kaperosa biasanya menampakkan diri di gedung-gedung kosong, dekat hutan dan tebing. Namun, hantu wanita ini paling sering dilaporkan terlihat di sepanjang Balete Drive di Kota Quezon. Kaperosa adalah seorang wanita muda yang diperkosa dan dibunuh oleh dua tentara Jepang selama Perang Dunia II. Cerita lain melaporkan bahwa Kaperosa seringkali menjadi penyebab kematian untuk kasus kecelakaan mobil. Beberapa pengemudi seringkali melihat hantu itu di kaca spion mereka atau melihat seorang wanita muda duduk di kursi belakang dengan mengenakan gaun putih.


10. Manananggal

 

Manananggal adalah makhluk mitologi dalam cerita rakyat Filipina. Ia menyerupai vampir barat, atau digambarkan sebagai simbol kejahatan, pemakan manusia atau penyihir. Mitos manananggal populer di wilayah Visayan di Filipina, terutama di provinsi barat Capiz, Iloilo, dan Antique. Konon makhluk ini sangat membenci bawang putih dan garam. Mereka juga dikenal sangat benci pada belati, cuka, rempah-rempah dan ekor ikan pari, yang dapat dibentuk sebagai cambuk.

Inilah sepuluh urban legend paling populer di Filipina. Mana yang menurut Anda paling menakutkan?

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template