Comments

Wednesday, September 11, 2013

Ketahui arti di balik 6 perilaku aneh kucing

Posted by at 6:29 AM Read our previous post
Semua pemilik kucing pasti pernah melihat hewan peliharaan mereka itu bertingkah aneh. Terkadang perilaku mereka susah dimengerti dan seolah tak memiliki arti. Eits, siapa bilang? Semua perilaku kucing ternyata memiliki makna lho.

Berikut adalah beberapa perilaku kucing yang cukup aneh serta arti di baliknya, seperti dilansir oleh Care2

1. Menabrakkan kepala ke majikan

Terkadang kucing suka menabrakkan kepala mereka ke majikan atau mengusap-usapkan wajah mereka ke majikan dan semua furnitur dalam rumah. Ini dilakukan kucing untuk menunjukkan perhatian mereka. Jika ini dilakukan pada furnitur, maka artinya mereka tengah menandai wilayah mereka menggunakan bau yang ada di wajah. Sementara itu, jika ini dilakukan pada Anda, maka ini adalah sikap bersahabat. SI kucing ingin menarik perhatian Anda atau ingin mendapatkan belaian.



2. Menggigit saat dibelai

Kucing memiliki standar masing-masing mengenai seberapa banyak mereka ingin dibelai. Beberapa kucing akan menggigit majikannya ketika dibelai. Gigitan yang tidak terlalu keras dan terkesan bermain-main ini sebenarnya pertanda bahwa mereka sudah tak ingin dibelai lagi. Kucing juga bisa merasa tak nyaman jika terus-terusan dipegang oleh manusia.


3. Makan tanaman

Jangan khawatir, memakan tanaman adalah hal yang normal untuk kucing. Beberapa orang percaya bahwa kucing betina yang makan tanaman berarti sedang hamil. Namun belum ada bukti ilmiah untuk menjelaskan hal ini. Makan tanaman biasanya dilakukan kucing untuk membersihkan bola bulu yang ada dalam perutnya serta menambah asupan serat untuk pencernaan. Jika kucing Anda sering makan tanaman namun tak sampai muntah, biarkan saja. Namun pastikan dia tak mendapat akses pada tanaman yang beracun atau menyebabkan gatal.


4. Menekan majikan dengan kaki

Gerakan menekan dengan kaki-kaki mereka biasa dilakukan kucing pada majikan. Perilaku ini sama seperti yang dilakukannya pada induknya ketika menyusu. Jika kucing melakukan ini pada majikannya ketika tengah dielus-elus, ini adalah caranya menunjukkan rasa sayang dan perhatian.


5. Tak mau pipis di kotak pasir

Jika kucing biasa pipis di kotak pasir, namun tiba-tiba tak mau pipis di kotak tersebut, sebaiknya Anda waspada dan segera membawanya ke dokter hewan. Bisa jadi sedang ada masalah dengan kandung kemihnya. Kucing yang merasa sakit saat pipis tak mau pipis di kotak pasir karena itu telah terasosiasi dengan rasa 'sakit'. Selain itu, bisa jadi hal ini juga berkaitan dengan mentalnya. Bisa jadi kucing merasa stres karena ada hewan peliharaan baru, pindah rumah, atau lainnya.


6. Mencakar-cakar furnitur

Kucing Anda senang sekali mencakar-cakar furnitur atau merusak perabotan dan tirai? Ini tak hanya mereka lakukan untuk bersenang-senang. Faktanya kucing kuku memang perlu diasah agar tetap tajam, caranya dengan mencakar-cakar furnitur Anda. Lebih baik berikan mainan khusus yang bisa mereka cakar-cakar agar mereka tak selalu merusak furnitur Anda. Jangan mencoba memotong kuku kucing karena ini juga berarti harus mengamputasi bagian dari kakinya.

Itulah beberapa kelakuan aneh kucing dan arti di baliknya. Perilaku mana yang sering dilakukan oleh kucing Anda?

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template