Comments

Tuesday, November 12, 2013

8 Penyakit yang dapat dideteksi dari mata

Posted by at 4:46 AM Read our previous post

http://ariswildan.blogspot.com/search/label/kesehatan

Mata adalah jendela untuk melihat ke dalam tubuh Anda. Kebanyakan dari Anda mungkin hanya berpikir bahwa mata hanya berhubungan dengan masalah penglihatan dan satu-satunya penyakit yang dapat dideteksi dari mata hanyalah diabetes.

Namun baru-baru ini indiatimes.com melansir bahwa mata dapat menjadi pendeteksi penyakit tersembunyi yang sebenarnya Anda derita, tidak hanya diabetes.

Mata merah

Mata merah dapat menjadi indikator bahwa Anda terkena tekanan darah tinggi. Tekanan darah tinggi akan membuat pembuluh darah menegang, termasuk pembuluh darah yang ada di bola mata. Akibatnya mata pun terlihat merah.

Kekuningan di mata

Tanda kuning yang muncul di mata adalah lemak dan ini biasanya berhubungan dengan adanya komplikasi diabetes.

Iris ring

Lingkaran putih yang terlihat di cincin adalah tanda kadar kolesterol Anda tinggi. Selain lingkaran tersebut, ada petunjuk lain yaitu berupa timbunan lemak putih di sekita kelopak mata bernama xanthelasmas yang berhubungan dengan penyakit jantung.

Pucat di kelopak mata

Jika bagian dalam kelopak mata terlihat pucat saat ditarik ke bawah Anda mungkin terkena anemia atau kurangnya zat besi. Anemia dapat diobati dengan suplemen penambah zat besi

Mata menonjol

Bola mata yang menonjol dapat menjadi tanda bahwa kelenjar tiroid Anda terlalu aktif bekerja. Kenaikan abnormal ini akan menyebabkan jaringan di sekitar mata membengkak sehingga bola mata akan menonjol.

Kelopak mata turun

Mata terkulai atau kelopak mata turun dapat menjadi tanda dari stroke ringan. Selain itu juga dapat menjadi tanda penyakit tumor otak atau yang dikenal dengan myasthenia gravis.

Mata kuning

Penyakit hati seperti hepatitis dan sirosis dapat mengubah bagian putih mata Anda menjadi kuning. Hal ini disebabkan oleh naiknya bilirubin, zat kimia yang memecah hemoglobin yang bertugas membawa oksigen di dalam sel darah merah.

Ukuran pupil yang berbeda

Pupil yang sehat akan bereaksi sama terhadap cahaya. Namun apabila reaksinya tidak sama, segera periksakan ke dokter mata karena bisa jadi ini adalah gejala stroke, tumor otak yang menyerang saraf optik dan juga aneurisma otak.

Mata dapat menjadi jendela untuk melihat kondisi kesehatan Anda. Oleh karena itu saat berkaca, tidak ada salahnya Anda memperhatikan kondisi mata Anda sebagai tindakan preventif suatu penyakit.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template