Comments

Tuesday, November 12, 2013

5 Kota di dunia yang jadi surga bagi penerbangan murah

Posted by at 4:27 AM Read our previous post
http://ariswildan.blogspot.com/search/label/international

Bisnis jasa moda transportasi udara terus menggeliat sampai saat ini. Indikator paling mudah terlihat dari aktivitas bandara yang semakin ramai dari hari ke hari dan tingginya volume penerbangan. Faktor efisiensi waktu hingga kenyamanan pelayanan menjadi sisi pendorong masyarakat terus menggunakan jasa burung besi ini.

Maka tak heran jika maskapai penerbangan semakin menjamur. Penerbangan murah atau Low Cost Carrier (LCC) salah satunya. Bedanya, penetrasi maskapai penerbangan murah lebih kencang daripada maskapai lainnya. Hal ini tidak terlepas dari faktor harga yang ditawarkan sebagai aspek penarik minat.
Geliat industri transportasi udara ini juga membantu pertumbuhan industri lainnya seperti sektor pariwisata. Direktur Regional Asia Pasifik Skyscanner Ewan Gray memaparkan tren pariwisata tahun 2013 akan didorong oleh peningkatan jumlah maskapai penerbangan.

Ewan mengatakan, aspek pendukungnya tak lain ialah kombinasi menjamurnya penerbangan murah, bertambahnya kelas menengah serta pembangunan bandar udara baru.

Berdasarkan hasil analisis terbaru dari divisi Air Traffic Solution Amadeus mengungkapkan pertumbuhan kapasitas kursi secara global pada semester I sebesar 6,8 persen dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya. Tahun ini kapasitas kursi LCC tercatat sebesar 558,9 juta atau meningkat 35,6 juta dibandingkan tahun lalu sebesar 523,2 juta kursi.
Asia menunjukkan tingkat pertumbuhan paling tinggi dibandingkan wilayah lainnya yakni sebesar 28 persen atau 129 juta kursi dari total secara global. Pertumbuhan di Asia ini terbesar disumbang dari Indonesia atau Jakarta khususnya.

Selain Jakarta, beberapa kota di dunia juga menyumbang angka untuk peningkatan pertumbuhan penerbangan murah ini. Apa saja kota itu?

1. London

 Ibu kota Inggris ini berdasarkan catatan Amadeus memiliki kapasitas kursi penerbangan murah sebanyak 14,7 juta sepanjang semester I 2013. Angka ini meningkat tipis dari periode yang sama tahun lalu di mana total kapasitas kursi sebanyak 14,3 juta.

Pencapaian ini tidak mengherankan. Pasalnya, Bandara Stansted di London juga terpilih menjadi bandara penerbangan murah terbaik di dunia versi Skytrax.

Menurut CEO Skytrax Edward Plaisted pasar maskapai penerbangan murah sedang membumbung tinggi. Tak heran bila bandara dengan spesifikasi penerbangan murah menjadi sangat ramai. Bahkan, bandara tersebut menjadi bandara yang paling sibuk keempat sejagat.

2. Sao Paulo

Amadeus menaruh salah satu kota Brazil ini di posisi kedua dengan catatan total kapasitas kursi penerbangan murah mencapai 10,7 juta di semester I tahun ini.

Angka ini meningkat tipis yakni 600.000 kursi atau sebesar 7 persen. Tahun lalu, di periode yang sama, Sao Paulo memiliki total kapasitas kursi penerbangan murah sebesar 10,1 juta.

Sao Paulo menjadi kota terbesar di Brasil dan belahan bumi selatan, dan juga merupakan wilayah metropolitan terbesar ke-7 di dunia.

Sao Paulo merupakan sebuah hub transportasi internasional di Amerika Selatan karena letaknya di berbagai rute perdagangan darat dan udara. Saat ini, ada dua bandara utama di kota, Bandar Udara Internasional Congonhas dan Bandar Udara Internasional Guarulhos.

3. Jakarta

 Jakarta memiliki pertumbuhan penerbangan murah tertinggi di dunia, sepanjang semester I 2013, yakni 44 persen. Namun dari segi kuantitas, total kapasitas kursi, Jakarta berada di urutan ketiga yakni mencapai 9,3 juta.

Angka ini tumbuh 2,8 juta dari total kapasitas kursi periode yang tahun lalu sebesar 6,5 juta kursi. Pertumbuhan penerbangan murah di Jakarta tidak terlepas dari fakta bahwa perekonomian Indonesia menjadi salah satu yang tertinggi di dunia.

Tingginya pertumbuhan ekonomi inilah yang menjadi penyebab banyak muncul masyarakat kelas menengah baru.

4. Kuala Lumpur

 Masyarakat Ibu Kota Malaysia ini menempati urutan keempat penyumbang konsumen penerbangan murah tertinggi di dunia. Pada semester I tahun ini, Kuala Lumpur tercatat memiliki total 8,1 juta kapasitas kursi penerbangan murah.

Pertumbuhan penerbangan murah di Kuala Lumpur jika diprosentase ialah sebesar 15 persen. Semester I tahun lalu, Kuala Lumpur memiliki total kapasitas kursi penerbangan murah yakni 7,1 juta kursi.

Kuala Lumpur dihubungkan dengan dunia luar oleh dua bandar udara, yaitu Bandar Udara Internasional Kuala Lumpur di Sepang dan Bandar Udara Sultan Abdul Aziz Shah di Subang.

5. Las Vegas

Merdeka.com - Amadeus mencatat penurunan total kapasitas kursi penerbangan untuk Las Vegas sebesar minus 1 persen pada semester I tahun ini. Meski begitu kapasitas kursi penerbangan murah kota ini tetaplah tinggi yakni mencapai 7,51 juta kursi.

Di periode yang sama tahun lalu, Las Vegas mencatat total kapasitas kursi penerbangan murah sebesar 7,55 juta kursi.

Las Vegas adalah kota terpadat di negara bagian Nevada, Ibu Kota Clark County, dan kota resor besar terkenal secara internasional untuk industri perjudian, perbelanjaan, dan hiburan. Las Vegas, dijuluki Ibukota Hiburan Dunia, yang terkenal karena sejumlah resor kasinonya dan hiburan sejenis.
Las Vegas adalah kota terpadat ke-28 di Amerika Serikat.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template