Comments

Sunday, November 3, 2013

7 Manfaat kesehatan dari yoga

Posted by at 4:07 AM Read our previous post
http://ariswildan.blogspot.com/search/label/manfaat
Yoga adalah salah satu meditasi yang berasal dari India. Yoga berpusat pada ketenangan pikiran sehingga dapat dijadikan semacam terapi mental bagi yang menjalankannya.

Selain dapat memberikan ketenangan mental, ternyata efek positif yang didapatkan dari yoga juga bermanfaat bagi kesehatan fisik. Berikut adalah 7 manfaat kesehatan yang dapat Anda peroleh apabila Anda menjalankan yoga dengan teratur.

Keseimbangan otak

Ativitas yoga menekankan pada keseimbangan dan keselarasan kedua sisi otak. Hal ini dapat meningkatkan komunikasi internal antara kedua otak yang jarang dapat Anda lakukan sehari-hari. Komunikasi internal ini akan menyeimbangkan antara otak berpikir dan otak kreatif.

Bermanfaat bagi kehamilan

Bagi Anda yang sedang hamil dan ingin tetap merasa fit semasa kehamilan, lakukanlah yoga setiap hari. Yoga akan membantu Anda untuk mengurangi kelelahan dan ketegangan, meningkatkan fleksibilitas otot, serta memberikan manfaat bagi pencernaan dan pernapasan. Selain itu juga mengurangi nyeri semasa kehamilan seperti kaki kram dan nyeri punggung bawah.

Memperlancar pernapasan

Dengan kombinasi berbagai macam gerakan dan teknik pernapasan, yoga dapat membantu kelancaran sirkulasi pernapasan dan sirkulasi darah dalam tubuh Anda. Dengan sirkulasi darah yang lancar, maka oksigen yang mengalir dalam tubuh pun juga akan lebih lancar.

Meratakan perut

Di dalam yoga terdapat gerakan bernama Naukasana dan Ushtrasana yang berbasis pada gerakan sit up. Gerakan ini akan membantu Anda untuk meratakan perut.

Menyehatkan jantung

Dengan sirkulasi pernapasan dan darah yang lancar, maka arteri dan jantung Anda menjadi lebih sehat. Yoga membantu melancarkan peredaran darah karena akan mencegah penyumbatan darah.

Mencegah rasa sakit dan nyeri

Karena yoga dapat meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan otot, maka yoga pun dapat membantu Anda dalam mencegah sakit punggung dan nyeri. Selain itu juga dapat membantu Anda dalam memperbaiki struktur dan postur tubuh menjadi lebih baik.

Mengurangi stres
 
Dengan latihan yang rajin, yoga dapat membantu Anda dalam meredakan stres. Hal ini berkat ketenangan yang Anda peroleh selama masa meditasi yoga.

Yoga ternyata tak hanya baik bagi kesehatan mental Anda namun juga dapat memberikan kesehatan bagi fisik. Tidak ada salahnya bagi Anda untuk mulai mencoba seni meditasi dari India ini.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template