Comments

Friday, November 1, 2013

5 Kisah anjing paling heroik dalam sejarah

Posted by at 10:47 PM Read our previous post
Anjing sudah dikenal sebagai sahabat manusia. Tak hanya karena kepintaran mereka, namun juga karena kesetiaan mereka pada tuannya. Selama ini sering kita dengar kisah-kisah mengharuskan seputar anjing, seperti Hachiko yang setia menunggu tuannya meski pria itu tak kembali.

Selain Hachiko, juga ada anjing-anjing lain yang berjasa bagi kehidupan manusia. Berikut adalah beberapa anjing yang pernah melakukan tindakan heroik dalam menyelamatkan nyawa manusia, seperti dilansir oleh Listverse.

1. Swansea Jack


 Swansea Jack adalah seekor anjing retriever hitam yang hidup dengan pemiliknya William Thomas di dekat River Tawe, Swansea. Sungai tersebut memang disebut sebagai sungai yang paling berbahaya sehingga banyak orang yang tenggelam di sana. Suatu hari Jack menyelamatkan seorang anak kecil yang hanyut di sungai tersebut. Tak ada yang percaya karena tak ada saksi mata. Namun selanjutnya, Jack berhasil menyelamatkan lebih banyak orang lagi hingga jumlah totalnya adalah 27 orang.

Untuk jasanya, Jack diberikan medali perak, diberikan penghargaan Bravest Dog of the Year, mendapatkan piala walikota, serta dibuatkan sebuah patung. Namanya bahwa dijadikan nama julukan untuk klub olahraga di Swansea.

2. Bamse


 Bamse adalah seekor anjing Saint Bernard yang bertugas sebagai anjing pencari ranjau di Norwegia. Dia ikut naik kapal laut bersama para pelaut yang terlibat dalam Perang DUnia II. Bamse tak hanya dicintai karena kemampuannya di lapangan, namun juga karena jasanya dalam menyelamatkan para rekan seperjalanannya. DIa pernah menyelamatkan salah satu pelaut dari tusukan pisau, kemudian berhasil menyelamatkan salah satu pelaut yang tenggelam.
Tak hanya itu, Bamse juga dikenal sebagai anjing pembawa perdamaian. Karena ketika para pelaut mulai bertengkar dan akan berkelahi, Bamse akan meletakkan kedua kakinya di pundak pelaut tersebut seolah berkata "Tenang... tenang... tak perlu berkelahi." Bamse menjadi sangat terkenal dan sering dijadikan foto pada kartu Natal untuk dikirim ke kampung halamannya, Norwegia.

3. Barry


 Konon, biksu yang hidup di Saint Bernard Pass, sebuah jalan bersalju yang berbahaya antara Swiss dan Italia membesarkan anjing-anjing Saint Bernard untuk mencari dan menyelamatkan pejalan kaki yang terjebak salju atau tersesat. Mereka dilatih untuk melakukan patroli secara berpasangan. Ketika menemukan korban yang tertimbun salju, satu anjing akan berusaha menyelamatkannya sementara satu lagi akan kembali ke kuil untuk mencari bantuan.

Barry adalah salah satu anjing penolong terbaik di kuil tersebut yang sudah menyelamatkan 40 orang. Kisahnya yang paling heroik adalah ketika Barry menemukan seorang anak kecil tertimbun salju. Ketika Barry sudah menyelamatkannya, bantuan dari kuil belum juga datang. Hingga akhirnya Barry membiarkan anak tersebut naik ke punggungnya dan berjalan sedikit demi sedikit sampai kuil untuk menyelamatkannya. Barry sangat efektif sebagai anjing penyelamat. Hingga saat ini, setelah Barry meninggal, salah satu anjing di kuil tersebut pasti akan diberi nama Barry.

4. Stubby


 Stubby atau disebut juga sebagai Sersan Stubby adalah seekor anjing perang yang terlibat dalam Perang Dunia I. Anjing ini bertugas selama 18 bulan dan terlibat dalam 17 peperangan. Selama bertugas, anjing ini telah menyelamatkan rekan tentaranya dari serangan gas beracun serta menyembuhkan mereka yang terluka. Tak hanya itu, dia juga bisa mengenali mata-mata asing hanya dengan membaui celananya. Karena jasanya ini, Stubby menjadi satu-satunya anjing perang yang dipromosikan menjadi Sersan selama Perang Dunia.

5. Balto


Balto adalah anjing kereta luncur yang bertugas di Alaska. Pada tahun 1925, wabah penyakit diphteria menyebar ke seluruh kota, namun serum hanya tersedia di Anchorage yang letaknya cukup jauh, yaitu sekitar 1.000 mil. Pengiriman menggunakan pesawat tak bisa dilakukan karena akan merusak dan membekukan serum. untuk itu pemerintah Anchorage memutuskan untuk mengirim anjing kereta luncur untuk mengirimnya.
Balto adalah anjing yang memimpin kereta luncur yang mengantarkan serum tersebut. Bersama rekannya yang bernama Togo mereka berdua berhasil mengantarkan serum sesuai dengan jadwal sehingga mereka berhasil menyelamatkan nyawa banyak orang. Karena jasanya, Balto diberikan penghargaan berupa patung yang saat ini ada di Central Park New York.

Itulah beberapa kisah heroik yang pernah dilakukan oleh anjing demi menyelamatkan manusia. Tak salah jika predikat sebagai sahabat manusia memang disematkan pada anjing. Apakah anjing kalian juga pernah melakukan tindakan heroik?

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template