Comments

Saturday, November 2, 2013

6 Fakta penting tentang lemak yang jarang diketahui

Posted by at 2:52 AM Read our previous post

Timbunan lemak di tubuh bukan cuma membuat orang tidak percaya diri dengan bentuk badannya, tetapi juga membawa risiko kesehatan tertentu. Terlepas dari lemak yang tertimbun dari tubuh, ternyata ada fakta penting tentang lemak yang jarang diketahui. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Huffington Post berikut ini.
Lemak punya banyak warnaPada dasarnya ada dua jenis warna lemak, yaitu putih dan cokelat. Menurut peneliti, sel lemak cokelat berguna bagi tubuh karena bisa terbakar dengan cepat untuk diubah menjadi energi. Sementara sel lemak putih sifatnya suka menimbun dirinya di dalam tubuh manusia dan menyebabkan kegemukan.
Tak semua orang punya lemak cokelatAnehnya, lemak cokelat hampir tak bisa ditemukan dalam tubuh para penderita obesitas. Peneliti menduga kalau lemak cokelat gagal diproduksi karena terlalu banyak lemak putih dalam tubuh.
Lemak bikin tubuh jadi hangatSemua jenis lemak bisa meningkatkan suhu tubuh. Pemanasan tersebut otomatis dilakukan ketika manusia berada di udara dingin. Tak heran jika orang gemuk memang terasa lebih hangat meski di tengah-tengah udara dingin.
Olahraga bisa mengubah DNA sel lemakJumlah lemak dalam tubuh memang dipengaruhi oleh genetik. Namun gaya hidup sehat dan olahraga bisa mengubah DNA sel lemak. Maka dari itu, banyak orang yang bisa menderita obesitas jika tak menjaga pola makan dan malas berolahraga.
Sel lemak juga butuh tidurKetika tubuh sedang beristirahat, lemak sebenarnya juga tidur. Jadi jika kurang tidur, sel lemak akhirnya 'kelelahan' dan respon terhadap insulin bisa menurun sebesar 30 persen. Itulah sebab kenapa kurang tidur bisa memicu obesitas dan diabetes.
Lemak di bagian tubuh tertentuLemak bisa tertimbun di bagian tubuh tertentu. Mulai dari perut, dagu, lengan, paha, sampai betis. Ada pula lemak tak terlihat, sehingga meski tidak bertubuh tambun, seseorang tetap berisiko penyakit jantung dan diabetes.
Itulah berbagai fakta penting tentang lemak yang jarang diketahui. Dengan makan sehat dan olahraga teratur, timbunan lemak pasti bisa terbakar!

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template