Comments

Saturday, November 2, 2013

7 Tips menjaga kesehatan fisik dan mental saat menstruasi

Posted by at 2:48 AM Read our previous post
Perubahan hormon yang terjadi ketika siklus menstruasi tiba sering dijadikan alasan bagi wanita untuk bersikap sensitif. Padahal ada cara untuk menjaga kesehatan fisik dan mental sehingga bisa merasa nyaman saat menstruasi. Apa saja? Simak selengkapnya seperti yang dilansir dari Mag for Women berikut ini.
Menggunakan pakaian longgar

Tinggalkan pakaian ketat untuk sementara saat menstruasi tiba. Sebaiknya kenakan pakaian longgar agar tubuh bisa bergerak lebih bebas dan nyaman.
Tidur siang

Meski tidak terbiasa tidur siang, sebaiknya istirahatkan tubuh ketika merasa lelah selama siklus menstruasi tiba. Sebab kekurangan banyak zat besi dalam darah ketika datang bulan memang membuat tubuh cenderung letih dan lemas.
Mandi air hangat

Mandi air hangat bukan cuma membuat tubuh semakin bersih, tetapi juga mengusir penat yang dirasakan. Pikiran pun menjadi lebih tenang dan emosi terkendali meski sedang menstruasi.
Kurangi konsumsi garam

Perut biasanya mengalami kembung ketika menstruasi tiba karena kekurangan cairan. Jadi kurangi konsumsi garam agar kembung tidak menjadi semakin parah.
Olahraga

Nyeri haid bukan halangan untuk menjaga kesehatan fisik dan mental saat menstruasi. Justru olahraga bisa meringankan rasa sakit tersebut dan membuat tubuh terasa lebih nyaman.
Yoga

Jika tidak suka keluar rumah, ada gerakan yoga yang bisa dilakukan untuk meredakan nyeri haid dan menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan ketika menstruasi tiba.
Hindari daging merah

Daging merah disebut sebagai makanan yang memicu nyeri haid dan pendarahan berlebih. Jadi sebaiknya hindari konsumsi makanan ini ketika menstruasi.
Itulah tips menjaga kesehatan fisik dan mental saat menstruasi. Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
© Aris Wildan is powered by Blogger - Template designed by Stramaxon(enhanced by aris wildan) - Best SEO Template